Agar Rambut Lebih Cepat Tumbuh



Anda merasa pertumbuhan rambut sangat lambat? Untuk mempercepat pertumbuhan rambut, Anda tidak hanya harus melakukan perawatan dari luar tetapi juga dari dalam.

Dr. George Obikoya dalam artikel yang berjudul "Vitamins for Your Hair," yang dipublikasikan dalam situs Vitamins and Nutrition Center mengungkap, beberapa asupan vitamin dan mineral harus terpenuhi agar rambut tumbuh lebih cepat dan sehat.

Vitamin tersebut, antara lain:

- Vitamin B
Konsumsi vitamin B yang cukup dapat membantu penampilan Anda menjadi lebih cantik. Bukan hanya kulit menjadi lebih sehat, tapi rambut juga lebih cepat tumbuh. Jenis vitamin B yang sangat penting, yaitu B-2, B-6, B-3, asam folat dan B-12.

Vitamin B membantu fungsi dalam tubuh, seperti sintesis hormon, produksi sel darah merah dan bekerja sebagai antioksidan. Obikoya merekomendasikan dosis 50 mg vitamin B kompleks dan 50 mg vitamin B 6 untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin B, seperti asparagus, bayam, ayam, keju, brokoli, salmon, alpukat dan susu skim.

- Biotin
Biotin juga disebut vitamin H, dan merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Menurut penelitian tim dari University of Maryland Medical Center, biotin dapat meningkatkan pertumbuhan rambut Anda.

Vitamin ini membuat metabolisme asam amino untuk merangsang pertumbuhan sel. Karena protein keratin melibatkan metabolisme asam amino, jumlah biotin dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Untuk suplemen harian yang direkomendasikan sebesar 30 mcg. Anda juga bisa mendapatkannya dari pisang, kacang-kacangan, telur dan biji-bijian.

- Vitamin A
Vitamin A membantu tubuh untuk menjaga rambut tetap dalam keadaan sehat. Vitamin A juga dikenal dengan nama retinol dan bisa berfungsi menghambat penuaan sel. Anda bisa mendapat vitamin A dari wortel, mangga dan kentang manis.

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin A sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menghindari keracunan. Dosis suplemen vitamin A pada wanita, yaitu 700 mcg dan pria 900 mcg.