Lapisan Ozon Diperkirakan Akan Pulih di Tahun 2048


LONDON - Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini lapisan ozon tengah mengalami kritis karena banyaknya lubang akibat perubahan iklim di Bumi.


Akan tetapi sebuah kabar gembira datang dari Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) yang memprediksi kondisi lapisan ozon dapat pulih kembali pada 2048.

Dengan pulihnya kondisi lapisan ozon, tentu akan membuat kondisi lapisan penangkal radiasi sinar matahari ini seperti sediaka kala. Menurut para ilmuwan, pulihnya lapisan ozon terjadi karena berkurangnya penggunaan produk-produk yang mengakibatkan menipisnya lapisan tersebut, seperti zat aerosol yang biasa digunakan pada lemari pendingin.

Dilansir melalui Daily Mai, Jumat (24/7/2010), pulihnya lapisan ozon karena sejumlah negara untuk mulai sadar untuk mengurangi kadar emisi.

Oleh sebab itu WMO juga mendesak supaya negara-negara yang mengikuti berbagai kesepakatan internasional tentang pengurangan emisi mampu menakan keluaran karbon.

Prediksi yang tertuang dalam laporan oleh 300 ilmuwan dan akan diluncurkan pada hari Internasional untuk Pelestarian Lapisan Ozon.

"Pulihnya kondisi lapisan ozon mengakibatkan berkuranganya 20 juta kasus kanker kulit, 130 juta katarak mata, memperbaiki sistem kekebalan tubuh manusia, memelihara keberadaan satwa dan meningkatkan produksi pertanian," tulis laporan tersebut.