Tangan Bionik Pertama untuk Tentara Inggris



Cerita tentang tangan robot dalam film fiksi ilmiah kini menjadi kenyataan. Seorang tentara Inggris yang kehilangan tangannya saat perang, digantikan dengan tangan bionik. Laman Newssky baru-baru ini mewartakan, Andrew Garthwaite menderita luka berat pada tangan kanannya akibat serangan roket di Afghanistan. Akibatnya, tangannya harus diamputasi dan digantikan dengan tangan bionik.

Tentara berusia 23 tahun ini merasa terhormat menjadi orang yang pertama mendapatkan tangan bionik ini. Tangan bioniknya disambungkan dengan bantuan lata ke bagian dadanya. Untuk menggerakkannya, ia harus menggunakan kekuatan ototnya. Otot dadanya digunakan untuk mengambil sesuatu, sedangkan otot punggungnya untuk melepaskannya lagi.

Kekuatang tangan bionik ini sangat hebat, sehingga bisa menghancurkan sesuatu yang di pegangnya. "Saya harus lebih banyak belajar menggunakannya. Apabila saya tidak bisa mengontrol kekuatannya, saya bisa meremukkan tangan orang lain saat berjabat tangan," ungkapnya saat diwawancarai.