Waspada! Ada 'Worm' di Twitter

Headline

Worm yang menyebar di Twitter membujuk pengguna untuk membuka link singkat seolah situs anti-virus. Sayangnya, perangkat lunak ‘Security Shield’ yang ditawarkan palsu.
Saat pengguna berada di situs tersebut, mereka akan menawarkan perangkat lunak perlindungan virus yang bisa diunduh (download) gratis. Sayangnya, ini adalah kode berbahaya.
Seperti kejadian sebelumnya di Twitter, worm ini menggunakan URL Google yang diperpendek ‘goo.gl’ untuk menjebak pengguna.
“Jika Anda membuat kesalahan dengan mengklik salah satu link berbahaya ini, Anda akan dibawa ke sebuah situs yang mencoba untuk menakut-nakuti. Yakni menyatakan Anda memiliki masalah virus pada komputer Anda,” ujar salah satu pemilik blog keamanan komputer Graham Clueley.
“Anda kemudian ketakutan dan menginstal kode berbahaya itu. Selanjutnya, Anda malah diminta untuk membayar sejumlah uang agar program itu tidak mencemarkan komputer Anda.”
Masih belum jelas bagaimana pengguna Twitter terjebak worm itu. Kecurigaan terbesar adalah akun dan kata kunci Twitter mereka telah dicuri.
“Kami sedang bekerja untuk menghapus link berbahaya itu dan memperbaiki kata kunci dan akun pengguna,” tulis anggota tim pengamanan Twitter, Del Harvey.
Adam Wosotowsky, kepala peneliti laboratorium McAfee mengatakan, “serangan antivirus palsu Goo.gl tidaklah baru dan sangat mudah digunakan. Serangan ini sama seperti Trojan yang dimulai dengan penipuan.”