7 Minyak Alami untuk Kesehatan Rambut


Tidak sedikit dari Anda yang menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan rambut di salon. Tak cukup sampai di situ, Anda juga mencoba dengan membeli berbagai macam produk perawatan untuk mengatasi berbagai permasalah rambut.


Sebenarnya ada cara yang lebih bisa menghemat yang Anda untuk merawat rambut, yaitu dengan menggunakan bahan alami. Seperti dilansir oleh All Womens Stalk, terdapat tujuh minyak alami untuk kesehatan rambut yang bisa digunakan.

1. Minyak Lavender
Minyak lavender merupakan salah satu minyak alami terbaik untuk rambut. Selain wangi, minyak ini juga dapat membuat kita menjadi lebih tenang dan rileks. Minyak alami tersebut cocok digunakan untuk semua jenis rambut. Kegunaan minyak lavender bisa untuk mencegah rambut rontok dan bekerja untuk melawan minyak berlebih. Cara mengaplikasikan minyak lavender ini dengan mengoleskannya ke kepala dan pijat kulit kepala secara perlahan.

2. Minyak Rosemary
Salah satu perawatan rambut alami yang sangat bermanfaat yaitu dengan menggunakan minyak rosemary. Selain wangi, minyak ini juga memiliki antibakteri, anti jamur dan anti virus untuk semua kondisi kulit. Minyak tersebut juga membantu rambut tipis mendapatkan kembali volume rambut yang alami.

3. Minyak Kastor
Minyak kastor pada dasarnya merupakan minyak nabati yang berasal dari biji kastor. Kegunaan minyak ini dapat memelihara rambut sehingga lebih bersinar dan lebih kuat. Tak hanya itu saja, minyak kastor juga bermanfaat untuk pertumbuhan
rambut, kuku dan bulu mata. Untuk pertumbuhan rambut, cara mengaplikasikannya yaitu dengan mengoleskan minyak kastor ke kulit kepala kemudian pijat secara perlahan.

4. Minyak Sage
Bagi yang ingin menutup rambut beruban dengan cara alami gunakanlah minyak sage. Minyak ini dapat mengubah warna rambut menjadi gelap. Minyak sage ini juga terkenal dengan sifat anti-jamur, antibakteri dan menenangkan serta
mampu membuat rambut tumbuh dengan alami. Rambut pun menjadi lebih bersinar dan sehat. Untuk hasil yang maksimal, campur minyak sage dengan minyak lain untuk menciptakan perawatan rambut alami.

5. Minyak Biji Wortel
Minyak biji wortel ini berguna untuk memperbaiki kondisi keseluruhan kulit kering. Gunakan minyak tersebut lalu pijat ke kulit kepala untuk melembabkan, meningkatkan pertumbuhan dan memperbaiki kerusakan pada rambut seperti pecah-pecah dari akar hingga ke ujung.

6. Minyak Basil (Kemangi)
Minyak basil (kemangi) membantu Anda memiliki pertumbuhan rambut yang stabil. Apabila minyak kemangi ini digunakan secara teratur, hasilnya dapat memperbaiki kondisi keseluruhan kulit kepala sehingga menjadi lebih sehat dan seimbang untuk pertumbuhan rambut yang optimal.

7. Minyak Jojoba
Minyak ini merupakan salah satu bahan yang sering ditemukan pada produk perawatan rambut. Minyak ini berguna untuk mencegah hilangnya kelembaban alami dari folikel rambut. Minyak tersebut juga dapat mengurangi kekusutan serta mencegah rambut bercabang.