10 Bangunan Yang Siap Mencakar Langit : Mimpi Atau Kenyataan

Semakin tinggi ilmu manusia maka semakin tinggi khayalan untuk membuat sesuatu yang kadang tidak di pikirkan oleh orang lain di jaman sebelumnya. Salah satu yang paling menginspirasi adalah kegiatan manusia untuk membuat gedung-gedung pencakar langit. arsitektur adalah sebuah seni dan ilmu pengetahuan yang sangat indah Pada zaman dulu gedung-gedung pencakar langit hanya di prioritaskan untuk penggunaan kantor namun trend sekarang sudah beralih ke penggunaan gedung-gedung pencakar langit untuk pembangunan kota kecil yang mampu menampung puluhan bahkan ratusan ribu orang di dalamnya. “kota-kota kecil” ini telah dilengkapi dengan swalayan, kantor, tempat ibadah, sekolah, fasilitas olahraga, pembangkit listrik, tempat pengolahan sampah sendiri, area bermain, area parkir yang luas.
Di tahun-taun keepan ketika lahan menjadi semakin kurang untuk dibangun, maka tidak ada alternatif lain selain membuat sebuah kota kecil ke atas langit. Sebenarnya lahan yang bisa di bangun masih luas. Namun ketidak berdayaan manusia menjadi salah satu penyebabnya. Apakah mungkin manusia akan begitu sangat teganya untuk mengganti lahan pertanian untuk membangun gedung, mau makan apa nanti manusia?. Belum lagi undang-undang lingkungan dunia yang melarang penebangan hutan sebagai bentuk penjagaan paru-paru dunia, agar tidak rusak. Ini semua bentuk ketidakberdayaan manusia. Oleh karena itu manusia sekarang dengan teknologi dan ilmu yang sudah melangit berusaha untuk menemukan alternatif lain dalam menemukan rumah baru bagi penghuni bumi yang sudah meledak populasinya. Sudah banyak cara yang dilakukan manusia terutama adalah membangun gedung di atas air seperti yang dilakukan sebuah hotel besar di dubai. “kira-kira akibatnya ada gak ya bagi kelautan dunia?..bagaimana standar keamanannya?..” biarkan orang-orang arsitek yang menjawabnya.
Di penghujung abad ke 20 kemarin, gedung-gedung super mewah yang kadang mengguncang nalar dan intuisi berpikir telah di bangun. Tengok saja ketika manusia di buat terkejut dengan dibangunnya gedung kembar tertinggi dunia yaitu menara petronas yang mempunyai tinggi hampir 452 m, tetapi kemudian dikalahkan dengan gedung taipei 101 yang mempunyai tinggi hampir 508 m. Nah sifat tidak mau mengalah itu sepertinya akan terus terjadi dengan rencana pembangunan hampir 30 gedung baru yang mempunyai ketinggian di atas 600.
Beberapa masih dalam pembangunan sementara beberapa masih dalam bentuk maket yang disegel di dalam kaca. Beberapa mengalami hambatan besar karena bahan bakunya. Kok bisa bahan bakunya?. Anda mungkin bertannya. Baiklah mungkin saya bisa memberikan sedikit ilustrasi yang pernah saya dengar. Milenium tower yang akan di bangun di tokyo diperkirakan akan menghabiskan segala sumber daya yang dipakai dunia dalam membangun apapun dalam setahun. Artinya seandainya dunia membutuhkan semen sebanyak 10 juta ton untuk membangun apapun di seluruh dunia, semua akan dialihkan ke pembangunan milenium tower, bagaimana dengan sumberdaya lainnya sepeti rangka baja, kaca, sumberdaya manusia dll. Nah itu baru milenium tower yang memang pernah direncanakan menjadi gedung tertinggi dunia yang akhirnya tidak akan jadi kenyataan karena beberpa gedung yang siap dibangun ternyata akan lebih tinggi dari millenium tower. Jika seandaniya kesemua gedung itu di bangun bersamaan kira-kira kita butuh berapa bumi lagi untuk mencukupi kebutuhan pembangunan gedung-gedung yang siap mencakar langit itu.
Mari kita tengok beberapa gedung yang siap bangun itu.


1. X-SEED 4000



Gedung ini memiliki ketinggian 4000 m atau setara dengan 4 km(bayangkan saja). Memiliki lantai 800. Menggunakan luas tanah sekitar 7000 hektar = 70.000.000 meter kuadrat (sepertinya lebih luas dari singapura gak ya?). gedung ini akan di bangung di jepang oleh perusahaan Multiple. Mampu menampung hingga satu juta orang. Menggunakan energi matahari sebagai pembangkit listrik. Dan telah di standarisasi untuk menghadapi tiupan angin yang sangat kencang dengan membuat gedung ini bisa bergerak mengikuti angin. Bagian atas dibuat mengecil untuk mengecilkan pengaruh angin. Telah distandarisasi untuk keamanan karena gedung ini akan dibangun di jepang yang notabene merupakan pusat vulkano, pusat gempa, dan rentan terhadap tsunami. Diperkirakan akan selesai dibangun tahun 2110 untuk menghadapi milenium ke 22 dan 23.

2. Dubai City Tower



Rencana untuk Dubai City Tower juga dikenal sebagai Dubai Vertical City diumumkan pada tanggal 25 agustus 2008. Menara setinggi 2.5 kilometer ini akan dibangun di Dubai pada 2015. Menara tersebut memiliki 400 tingkat. Pembangunan menara memakan waktu 20 tahun. Memiliki ketinggian 5 kali dari empire state building menjadikan bangunan ini, akan menjadi bangunan paling tinggi di dunia dalam waktu dekat ini. Karena X-seed 4000 belum di ketahui secara pastinya kapan akan di bangun . terinspirasi dari menara eiffel, memiliki ujung lancip di bagian paling atas yangberguna untuk mengurangi pengaruh angin pada bangunannya. Diperkirakan membutuhkan 37,000 Mwh listrik setiap tahun ayang akan di suplai dari tenaga matahari, air dan angin.

3. Hexahedron city



Gedung ini memiliki ketinggian 2100 meter dan memiiki 200 lantai dan sedang dibangun oleh perusahan bernama Paolo Soleri, Gedung ini berlokasi di scottsdale, United states. Diperkirakan mampu menampung 1.000.000 orang dalam satu waktu. Di fungsikan sebagai kota kecil yang akan memiliki zona politik, ekonomi, infrastruktur, transportasi, gedung pertemuan dan juga pembangkit tenaga listrik. Diperkirakan masa pembangunan adalah satu dekade. Namun diperkirakan lebih lama lagi karena pembangunannya diperkirakan tidka akan mudah karena beberapa hal dalam dunia arsitek yang tabu harus dilakukan untuk membangun ini, sehingga pemikiran agar gedung ini aman otomatis perlu dipikirkan dengan baik.

4. TRY 2004



Gedung ini aslinya akan bernama The Shimizu TRY 2004 Mega-City Pyramid. Gedung ini akan di bangun di daeran Japan Bay seluas 8800 Ha. Diperkirakan mampu menjadi tempat tinggal bagi 1.000.000 orang karena memiliki ketinggian 2004 meter dan memiliki 400 lantai. Piramida yang di bangun ini akan memiliki besar 14 kali lebih besar dari piramida giza di mesir. Gedung ini akan berisi 204 piramida kecil dimana satu piramida akan lebih luas dari hotel luxor di las vegas. Setiap temapt akan memiliki pembangkit sendiri yaitu matahari dan angin. Memiliki sistim transportasi terpadu yaitu PRT, acelerating walkways dan inclined elevator. Karena tidak mungkin dibangun dengan material sembarangan maka direncanakan gedung ini akan di bangun dengan carbon nanotubes. Diperkirakan akan selesai tahun 2110 karena masih ada beberapa penelitian tekanan basal air untuk gedung di atas 2000 m. Di bangun oleh Multiple.
5. Aeropolis 2001



Memiliki ketinggian 2000m, sedang dikerjakan oleh Obayashi grup(obayashi grup ini berencana akan membuat sebuah gedung di bulan pada tahun 2050. Memiliki struktur bangunan mamoth yang lima kali lebih besar dari WTC di amerika serikat. Memiliki 500 lantai. Bisa menampung 300 ribu pekerja disana dan 140 ribu orang penghuni. Memiliki shuttle lift dengan 400 kursi yang mampu menjangkau lantai terbawah sampai lantai ke atas dalam waktu 15 menit dan akan berhenti di tiap lantai ke 40.

6. Illinois Mile High Tower



Akan di bangun di chicago amerika serikat, memiliki ketinggian 1609 m dan memiliki 528 lantai. Gedung yang sedang dikembangkan oleh Multiple Frank Lloyd Wright ini dperkirakan akan menhabiskan lahan seluas 171 hektar ini. Memiliki pengolah air dan sampah sendiri. Memiliki 76 elevator. nah kira-kira ada yang mau tinggal disini gak, bisa melihat kota chicago sekalian merasakan aura lain melihat dunia dari lantai 528. how small our world, dont we?

7. Mother



Walaupun gedung ini berati ibu, gedung ini tidak di desain seperti gambar seorang ibu atau di buat untuk ibu-ibu. Gedung ini memiliki ketinggian 1321 meter dengan 220 lantai dan sedang di kerjakan oleh multiple dan dikerjakan di tokyo jepang. Dan akan digunakan sebagai tempat tinggal dan kantor. tapi seperti biasa satu hal yang terus akan di hadapi oleh jepang untuk membangun gedung pencakar langit ini adalah bagaimana bisa memeberikan jaminan keselamatan di tengah banyak gempa, tsunami yang sering melanda jepang.

8. Bionic Tower



Bionic tower akan digunakan sebagai kota vertikal. Merupakan sebuah bangunan yang di desain untuk tempat tinggal, di desain oleh arsitek spanyol Eloy Celaya, Rosa Cervera, and Javier G√≥mez Pioz. Memiliki ketinggian 1228 meter dengan 300 lantai dan mampu menampung 100 ribu orang. Akan di bangun di kawasan seluas 200 hektar dan mengahiskan dana kurang lebih 15 trilun dolar amerika serikat. Memiliki 368 elevator yang dapat bergerak vertikal dan horizontal. Dan akan dibangun dengan struktur Micro-structured High Strength Concrete. Gedung ini sedang akan di bangun di hongkong china. bionic tower ini akhirnya menjadi seperti sebuah angin segar bagi pemerintah china yang di tahun-tahun mendatang harus menghadapi overpopulation dan juga mulai berkurangnya lahan buat tempat tinggal….kira-kira kapan negara kita bisa buat perumahan terpadu ya. tidak melebar tetapi meninggi ke atas langit. (pekerjaan rumah bagi kementrian perumahan rakyat).

9. Sky City 1000



Membutuhkan area 8 kilometer bujursangakr untuk membangun gedung setinggi 1000 m dengan 196 lantai yang sedang di kembangkan oleh Takanaka corporation. Sudah di rencanakan sejak tahun 1989, gedung ini diprediksi mampu menampung 30-35 ribu manusia untuk tinggal dan juga 140 ribu orang pekerja. Gedung ini menerapakan konsep greenspace didalamnya, menarik juga dikarenakan dengan demikian ada lahan hijau di dalamnya. Dikarenakan gedung yang akan di bangun di tokyo ini akan sangat mahal dikarenakan harga tanah di tokyo adalah paling mahal dunia, maka developer mengalami hambtan untuk membangun karena harga tanah dan bangunan yang akan di bangun berbanding 9:1(woooow aja lah)



10. The Spiral



Diatara semua gedung yang akan berdiri, yang memiliki gambar arsitek paling cantik, menantang dan menarik adalah gedung ini. Akan di bangun di tokyo dengan tinggi 1000 meter dan memiliki 200 lantai. Gedung yang didirikan untuk untuk mengatasi kepadatan jumlah penduduk dalam waktu yang panjang. Gedung ini akan mendaur ulang 90 % sendiri sampah yang dihasilkan secara internal sehingga memiliki wawasan ekologi berkelanjutan jangka panjang, maka tidak salah dua the spiral dan sky city merupakan kota vertikal yang siap menjawab tantangan global dengan tetap mempertahankan fungsi lingkungan hidup.

Hampir semua projek ini akan di bangun di tokyo, kesulitan yang di hadapi masih dalam wacana jepang sebagai negara vulkanik dengan gempa yang sering susul menyusul serta tsunami. Olehnya semua gedung yang akan melukai langit itu masih dalam proses persiapan tahap bangun. Karena uji bangunan perlu dilakukan apalagi untuk bangunan yang menjulang diatas 1000 m. Bukankah semakin tinggi sesuatu semakin tinggi pula badai yang di hadapi.
Nah kalau negara asia seperti jepang sudah punya rencana membangun gedung sampai 4 kilometer, bagaimana dengan negara kita. Satu-satunya info yang sudah saya dapatkan, dalam beberapa tahun ke depan indonesia akan membangun JK Communication tower setinggi 500 m dengan 120 lantai yang akan di bangun oleh Meyer dan jahn di jakarta. Masih belum jelas apakah gedung ini milik jusuf kalla….ada baiknya kita tunggu 10 tahun kedepan, apakah ini akan terealisasi.