9 Tips Menjadi Penulis Handal


1. Activate Your Radar

Bukan berarti harus membeli radar kemudian memasangnya di kepala, tapi yang dimaksud adalah mempertajam insting akan hal-hal yang sedang terjadi disekitar kita. Ini menyangkut tentang kondisi lingkungan, sosial, ekonomi, berita terhangat yang sedang beredar ataupun tentang perkembangan dunia iptek. Intinya kita harus peduli dan senantiasa up date dengan keadaan di sekeliling kita, karena dari hal tersebut dapat menjadi bahan rujukan tentang topik yang akan kita tulis nantinya.

2. Banyaklah Membaca

Kita bisa membaca koran, majalah, buku ataupun sebuah blog. Kenapa harus membaca? Dengan membaca, tentunya akan menambah wawasan dan perbendaharaan kita mengenai pokok bahasan yang akan ditulis. Selain itu, dengan membaca kita dapat mengetahui gaya tulisan seseorang. Setidaknya kita bisa membandingkan gaya tulisan si penulis A, si penulis B dsb. Secara disadari atau tidak, hal tersebut nantinya akan berpengaruh kepada gaya tulisan kita, sehingga akan memunculkan gaya tulisan dengan cirikhas kita sendiri dan tentunya dengan gaya tulisan yang lebih bermutu.

3. The Idea Is On The Air…and It’s Free

Salah satu anugrah yang paling berharga yang diberikan Tuhan pada kita adalah otak. Denganya kita bisa menangkap ide-ide yang sedang berseliweran diatas kepala kita layaknya sinyal gelombang radio. Kabar baiknya, ide itu bisa kita dapatkan secara gratis. Ide bisa muncul dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun. Bisa muncul dalam mimpi atau ketika sedang duduk di closet sekalipun. Jadi tangkaplah ide itu, simpan baik-baik, tetapi jangan terlalu lama…karena ide itu akan cepat usang kalau tidak segera dijabarkan.

4. Share Your Opinion

Biasakanlah beropini tentang berbagai hal, menyangkut keadaan yang sedang terjadi atau kita alami. It’s mean sering-seringlah memberikan komentar atau pendapat tentang berita di tv, koran, mengenai wacana publik atau gosip sekalipun. Tuangkan dalam bentuk tulisan dengan gaya bahasa kita sendiri, atau bila perlu, sekali-kali kirimkan opini pribadi kita kepada surat kabar atau media masa lainya.

5. Share Your Knowledge

Semua orang pasti memiliki pengetahuan tentang suatu bidang. Hal itu terlahir karena bakat yang ia tekuni sehingga ia menjadi expert dalam bidang tersebut, atau bisa juga karena ilmu yang ia peroleh ketika duduk di bangku pendidikan, baik formal ataupun non formal. Biasakanlah untuk selalu berbagi tentang keahlian dan ilmu yang kita miliki melalui tulisan. Percayalah, ilmu akan lebih bermanfaat jika kita amalkan. Bukankah ada ayat yang mengatakan “sampaikanlah walaupun hanya satu ayat”.

6. Menulislah Dimanapun dan Kapanpun

Biasakanlah untuk menulis dimanapun dan kapanpun. Bukankah sudah dibahas di atas kalau ide itu bisa muncul secara tiba-tiba. Maka dari itu usahakanlah untuk membawa notes kecil untuk mencatat hal-hal penting seandainya ide itu tiba-tiba muncul. Bila kondisi tidak memungkinkan, tulislah poin-poin pentingnya saja, sehingga apabila ada waktu luang kita bisa langsung mengembangkanya.

7. It’s All About The Habit

Jadikanlah menulis menjadi adat dan kebiasaanmu. Sulit memang, tetapi kalian bisa memulainya secara bertahap dengan mengagendakanya. Sebagai contoh, saya punya seorang teman yang kebiasaanya menuliskan sesuatu sebelum ia tidur. Ia menulis tentang kejadian yg dialami pada hari itu atau tentang suatu topik yang sedang ia gemari.

8. Targetkan Untuk Selalu Menulis

Cobalah untuk membuat target dalam menulis, lakukan secara bertahap. Misalnya target untuk menulis sebuah artikel dalam seminggu. Jika sudah terbiasa, tingkatkan menjadi dua artikel dalam seminggu…sampai satu hari minimal satu artikel.

9. Ikutilah Ajang Kompetisi Menulis

Cobalah untuk mengikuti ajang atau kompetisi menulis, entah itu artikel, cerpen atau apapun. Kita bisa dengan mudah mendapatkanya di internet, surat kabar, atau lomba yang diadakan di sekolah atau kampus-kampus. Dengan mengikuti kompetisi, kita akan terpacu untuk menyajikan tulisan yang bermutu dan berbobot. Jika kita beruntung dan menjadi pemenang, selain mendapatkan reward, hal tersebut akan menambah rasa pe de dan memacu kita untuk terus konsisten dalam menulis.

Sumber: http://programatujuh.wordpress.com/2010/08/16/9-tips-menjadi-penulis-handal/