10 Tips Mengurangi Hutang-Hutang Anda


Apakah anda harus segera melunasi hutang-hutang anda yang menumpuk dan mengurangi pengeluaran bulanan anda? Pemotongan pengeluaran biasanya sangat tidak mengenakkan, sebagai contoh : menghemat penggunaan bensin dan listrik. Namun jika anda telah melakukan metode-metode yang sederhana tersebut, dan masih memerlukan penghematan pengeluaran, berikut ini adalah beberapa daftar yang dapat membantu anda. Akan tetapi, seperti telah saya sebutkan, cara-cara dibawah ini mungkin sangat tidak mengenakkan.

1. Tinggallah sementara bersama orang tua anda (relatif)
Yup, anda mungkin akan sedikit tidak nyaman tinggal bersama orang tua anda, namun hal tersebut masih tidak seberapa jika anda harus mengeluarkan biaya sewa rumah sampai dengan 2 juta sebulan. Hidup sendiri mungkin akan membuat anda sangat bebas, namun itu harus dibayar juga dengan harga yang tidak murah. Biaya sewa yang biasanya anda keluarkan setiap bulan, dapat anda tabung atau pergunakan untuk mencicil hutang-hutang anda yang menumpuk.
Ini pun berlaku bagi anda yang sudah menikah. Anda dapat tinggal sementara waktu bersama orang tua / mertua anda, sampai anda cukup mampu untuk menyewa atau menyicil rumah.
Tetapi sekali lagi, poin pertama ini adalah relatif. Jika anda memang harus tidak tinggal bersama orang tua / mertua, anda tidak perlu memaksakan. Anda hanya perlu memangkas pengeluaran yang lain seperti akan saya jelaskan di poin-poin berikutnya.

2. Bersepeda ke tempat kerja
Biaya transport ke tempat kerja termasuk salah satu post yang dapat anda pangkas. Kita mungkin merasa bahwa biaya transport termasuk bagian yang tidak terpisahkan dari pengeluaran kita. Namun, jika jarak tempat kerja anda kurang dari 10km, mengapa anda tidak mencoba menggunakan sepeda. Memang akan sangat tidak nyaman ketika hari sedang hujan, tetapi bersepeda memiliki beberapa keuntungan : biaya yang sangat rendah dan tidak ada pajak yang harus dibayarkan. Bersepeda pun membuat kita tetap fit tanpa harus mengeluarkan uanguntuk pergi ke tempat olahraga. Di beberapa kota anda dapat menemukan bahwa bersepeda ke tempat kerja akan lebih cepat dibandingkan menggunakan mobil atau angkutan umum.
3. Berhenti minum minuman beralkohol / kopi
Berhenti minum minuman beralkohol / kopi bukan hanya baik untuk kesehatan mental dan fisik anda, tetapi juga baik untuk keuangan anda.:) Banyak orang menghabiskan cukup banyak uang hanya untuk minuman tersebut tanpa mereka sadari. Dahulu saya banyak mengkonsumsi kopi, namun setelah maag saya mengalami gangguan akhirnya saya mulai mengurangi. Saat ini dalam 1 minggu saya mengkonsumsi paling banyak 2 cangkir kopi.
Jika anda tidak dapat berhenti, setidaknya kurangilah. Suatu ketika anda akan terkejut dengan perkembangan baik kesehatan fisik, mental maupun keuangan anda.

4. Memasak sendiri
Membeli masakan di luar adalah cara yang paling cepat dan mudah untuk mendapatkan makanan. Akan tetapi, biaya yang dikeluarkan juga dapat dengan cepat membengkak. Meskipun anda tidak setiap hari membeli, anggap saja 4x dalam seminggu dengan harga misalnya Rp.30.000,- per satu kali beli. Dalam 1 bulan anda akan mengeluarkan biaya sebesar Rp.480.000,- …. koq jadi seperti belajar matematik ya? … :)
Lagi pula memasak sendiri akan jauh lebih bersih dan sehat dibandingkan anda membeli masakan di luar.

5. Tutup kartu kredit anda.
Kartu kredit memang membuat pengeluaran menjadi lebih mudah. Yah untuk itulah kartu kredit ada. Dengan kartu kredit, anda tidak akan berpikir tidak memiliki uang selama 1 bulan ke depan. Memang jika anda sudah terbiasa hidup dengan kartu kredit, anda akan sedikit tidak nyaman jika tidak menggunakannya. Namun hal tersebut akan membuat perbedaan yang besar dalam penghematan uang anda.
6. Jangan membeli TV
Wah, sepertinya saya bisa mati berdiri jika hidup tanpa TV :), tetapi tahukah anda TV dapat menghemat pengeluaran anda jutaan, puluhan bahkan ratusan juta setahun? Ah, mana mungkin sebanyak itu?
Oke, ini sedikit analisa saya :
- Berapa pemakaian listrik yang harus anda bayar setiap bulannya? (ini memang masih tergolong kecil)
- Jika ada berlangganan TV kabel, berapa yang harus anda bayar setiap bulannya?
- Ini yang paling memangkas pengeluaran anda tanpa anda sadari : berapa yang anda keluarkan setiap bulannya untuk membeli barang-barang karena pengaruh iklan TV? Sebagai contoh : saya waktu itu pernah tidak sengaja melihat iklan menu baru Pizza Hut di TV. Akhirnya saya pergi bersama keluarga untuk mencicipi dan malah ketagihan menu tersebut. Repot jadinya. :)

7. Juallah mobil anda
Mobil adalah lambang kebebasan, kemandirian dan ….. status. Namun mobil juga tergolong sebagai pemboros uang. Bukan hanya bensin, tetapi juga asuransi, pajak dan tentu saja biaya perawatannya, yang kadang-kadang dapat menghabiskan 5 sampai 10 juta jika mengalami kerusakan.
Tetap ada kehidupan tanpa memiliki mobil : cobalah menumpang teman anda, angkutan umum atau seperti telah saya sebutkan diatas, bersepeda.

8. Tamballah baju anda
Dibandingkan anda membeli baju baru, mengapa anda tidak mencoba memperbaiki baju yang lama terlebih dahulu.
9. Cobalah tantangan Rp. 25.000,- sehari
Dapatkah anda bertahan hanya dengan Rp.25.000,- sehari? Ide ini mungkin terdengar sangat tidak mengenakkan. Namun, cobalah setidaknya selama 1 minggu. Hal ini akan mengajarkan anda untuk hidup hemat. Dengan membiasakan memegang sedikit uang, anda akan menemukan apa yang penting untuk dibeli dan apa yang tidak.
10. Berliburlah di kebun belakang anda
Maksud saya bukan betul-betul kebun belakang, tetapi mengapa anda menghabiskan Rp.20 juta untuk berjalan-jalan di luar negeri sementara di Indonesia pun masih banyak tempat-tempat berlibur eksotik yang belum pernah anda kunjungi dan masih bisa anda nikmati. Dengan berlibur di negeri sendiri, bukan saja anda dapat menghemat uang tetapi juga anda bisa terhindar dari penyakit-penyakit negara tujuan, seperti flu babi atau sejenisnya.
Oke para pembaca yang budiman, jika ada saran-saran saya yang sepertinya tidak masuk akal atau ada dari anda yang menganggap terlalu ekstrim, saya harap ‘ditelan saja’. :)Anda tidak harus melakukan semuanya, anda bisa memilih beberapa atau salah satu dari saran-saran diatas, atau malah jika anda tidak mempunyai masalah dengan keuangan, anda tidak perlu melakukannya. Kesepuluh poin diatas hanyalah cara bagaimana anda dapat menghemat pengeluaran anda. Jika anda mempunyai cara lain dan ingin berbagi bersama pembaca yang lain, silahkan berkomentar di kolom komentar.