Tata Cara Menyablon Kaos Dengan Cat Rubber

dalam dunia sablon kaos, teknik sablon dengan cat rubber memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri. Namun dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh tutorial yang saya ambil dari salah satu artikel online seputar dunia sablon kaos.


Untuk memulainya, ada beberapa materi yang perlu dipersiapkan, antara lain :

1. Mesin Heat Press



2. Mesin Cutting Plotter


3. Printer Sublime (epson)

Alat dan Bahan untuk Membuat Sablon Digital
1. Tinta (rubber, glitter, glue, kertas adhesive roll 21cm (Lebar A4), rackle)

2. Screen

3. Lembar Flock yang telah jadi (flat color)

4. Foil (Warna Gold, Silver, Hologram, dan plastik tahan panas)

Ok, setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, sekarang saatnya untuk mencoba membuat kaos dengan menggunakan Sablon Digital + Manual dengan bahan sablon rubber.

a). Desain

Proses mendesain dapat menggunakan software grafis seperti Corel Draw, Photoshop, Adobe Illustrator, Freehand, dsb. Apapun jenis software yang dipergunakan, jangan lupa untuk memberikan efek mirror agar desain tidak terbalik pada hasil akhirnya.
b). Cutting

Bahan cutting menggunakan media sticker transparan one side adhesive dengan mesin cutting plotter. Apabila nantinya hanya menggunakan satu warna, cutting keseluruhan gambar yang
dibutuhkan. Tapi apabila lebih banyak warna, lakukan proses cutting sesuai dengan warna masing-masing (satu warna satu lembar sticker).

c). Screen

Tempelkan pada screen. Untuk memudahkan, anda dapat menggunakan stiker masking terlebih dahulu. Kemudian lepaskan kertas putih (backing paper) pada stiker dan lekatkan pada screen lalu buka masking (utk lebih jelasnya coba lihat pada tutorial flock). Pastikan stiker menempel dengan rapih dan hanya bagian yg akan diwarna saja yang tidak tertutup.

d). Letakan di atas kaos

Letakan screen diatas kaos dengan mengatur posisi sesuai dengan yang diinginkan. Perhatikan dan pastikan gambar menghadap ke atas dan tidak terbalik.

e). Tuangkan cat rubber

Tuangkan cat rubber pada bagian tepi bawah dan usahakan agar cat terbagi rata.

f). Gunakan rackle

Sapukan cat merata pada seluruh bagian yg kita inginkan. Gunakan rackle untuk mempermudah meratakannya. Tekan agak kuat tapi jangan terlalu kuat (lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai merobek screen).

g). Angkat screen

Setelah anda memastikan cat telah tersapu dengan merata, angkat screen secara perlahan dan jangan menggeser.

h). Plastic Heat Resistance

Tunggu cat sampai benar-benar kering. Setelah itu letakkan kaos di atas mesin heatpress dan jangan lupa lapisi gambar dengan plastik tahan panas.

i). Heatpress

Gunakan mesin heatpress dengan suhu 120 derajat selama 15-20 detik. (NB : jika menggunakan warna yg berbeda-beda, sablon masing-masing warna tersebut terlebih dahulu sebelum menuju ke mesin heatpress).

j). Finished

Setelah di press, angkat plastik penutupnya dan kaos telah selesai dan siap untuk dipakai.

Sumber