Tips Memilih Jeans

Celana jeans adalah jenis pakaian yang sering dipakai sehari-hari. Agar penampilan Anda maksimal, Anda perlu memilih jeans dengan cermat. Artinya, tak hanya memilih dari segi model yang sedang ngetren, atau yang sesuai bentuk tubuh Anda, tetapi juga dari segi bahannya. Enggak asyik kan, kalau jeans Anda bahannya keras dan kaku? Setelah itu Anda baru memilih detail lainnya. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih jeans:

Bahan. Denim umumnya dipakai lebih dari satu kali dalam seminggu dan punya sifat melebar setelah dipakai seharian. Karena itu carilah bahan denim yang pas di badan dan tidak mudah kusut agar denim tidak terlalu longgar ketika dipakai esoknya.

Bagian pinggang. Tempat ikat pinggang yang lebih lebar dapat membuat perut terlihat lebih ramping. Tetapi perhatikan agar jangan sampai terlalu lebar, agar bentuk perut Anda tidak sampai tertutup.

Pasak celana. Pasak celana (dari pinggang sampai bagian selangkangan) yang terlalu rendah dapat membuat jeans menjadi melorot atau turun. Pilihlah celana jeans yang pasak celananya terletak persis di bawah pusar.

Kemiringan. Kemiringan antara bagian belakang dan depan harus seimbang. Bagian belakang jeans tidak boleh terlalu naik sampai jauh di atas pinggang. Bagian depan juga tidak boleh terlalu jauh dari pusar. Ketidakseimbangan akan membuat bokong atau perut Anda terlalu besar.

Lebar celana. Celana yang sedikit lebar baik untuk semua bentuk tubuh. Potongan seperti ini akan menyeimbangkan tungkai secara keseluruhan.

Pencucian. Jeans juga akan mengembang setelah dicuci. Hindari terlalu banyak ornamen pada jeans Anda, terutama pada bagian yang justru tidak ingin dilihat orang. Misalnya manik-manik pada pinggang. Manik-manik itu akan membuat perhatian orang tertuju pada pinggang yang sudah terlihat sedikit membesar.

Kantong. Ukuran dan penempatannya akan mempengaruhi bentuk bokong Anda. Jika terlalu kecil dan berjauhan, akan membuat bokong Anda terlihat besar.

Sisi samping. Pastikan tidak terlalu melebar ke samping, karena akan membuat pinggul membesar.

Panjang. Biarkan lebih panjang dari kaki, karena berguna untuk membuat ilusi kaki lebih jenjang. Gunakan sepatu berhak dan blus berlengan cuff yang membuat penampilan lebih manis.