Tips Menyantap Salad


Walau bahan utamanya sayur dan buah, bahan pelengkap salad bisa membuat salad jadi jahat. Segera atur bahan-bahan salad yang akan Anda makan, seperti tips berikut yang akan membuat salad Anda semakin bergizi dan sehat.

1. Bermain dengan Warna
Agar penampilan buah dan sayur mengundang selera, bermainlah dengan warna. Anda bisa mencampurkan wortel, selada hijau, jagung, dan tomat segar. Begitu pun dengan buah, campurkan apel, jeruk, dan stroberi. Kombinasi warna ini juga bisa memberikan kandungan gizi yang bervariasi.

2. Jaga Kandungan Vitamin
Sebelum menyajikan, pastikan buah dan sayur telah dicuci sempurna. Untuk sayuran, usahakn menyantap sayuran segar, jika ingin lebih empuk, cukup siram dengan air panas. Kecuali untuk sayuran yang memang harus direbus, seperti jagung atau kembang kol. Sayur berwarna hijau dinilai lebih banyak mengandung vitamin dibanding berwarna pucat.

3. Masukkan Protein
Agar salad semakin mantab, tambahkan bahan yang mengandung protein tinggi, seperti tuna, salmon, atau daging ayam tanpa kulit. Jika tak ingin daging-dagingan, pilihlah sayuran seperti kacang polong, sebanyak tiga sendok makan. Selain bisa memberikan efek kenyang yang lebih lama, protein juga baik untuk daya tahan tubuh, sumber energi, dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

4. Hindari Bahan Ekstra Tak Berguna
Roti, potongan daging asap, taburan keju, atau pasta memang membuat salad lebih gurih. Tapi, jika Anda menginginkan salad rendah kalori, hindari menambahkan bahan-bahan ini ke dalam piring salah Anda. Siasati dengan penggunaan bahan lain, seperti satu sendok kacang almon atau kedelai. Gantilah daging bacon dengan ayam atau ikan. Pilihlah kentang sebagai sumber karbohidrat yang sehat.

5. Gunakan Dressing Sehat
Pilihlah yang berkalori rendah, atau berlogo, light, reduced fat, low calories, atau fat-free yang mengandung 10-25 kalori per sendok makan. Yoghurt rendah kalori atau minyak zaitun bisa menjadi pilihan dressing sehat.