Cara Mengkloning Windows


Cara Mengkloning Windows Sistem operasi (OS) memang tidak rentan dari serangan luar yang berupa virus jahat. Kalo sudah rusak parah biasanya kita instal ulang. Nah sekarang ada cara tercepat untuk instal ulang, yakni kloning. Dengan ini, waktu yang biasanya 1 jam atau lebih bisa kita persingkat jadi 10 menit. Di internet bisa Anda temui alat untuk membackup sistem operasi dan yang paling terkenal adalah Norton Ghost.

Aplikasi tersebut mampu membuat kloning sistem operasi dengan tepat, tapi sayangnya hanya tersedia versi berbayar. Tapi, ternyata ada juga yang dapat Anda pakai secara cuma-cuma dan dengan tampilan yang tidak ribet. XXClone adalah aplikasi gratisan yang mampu menduplikasi sistem volume dari Windows dan membuat target volume yang self-bootable dengan cepat dan mudah. Aplikasi sudah mendukung format partisi FAT16, FAT32, dan NTFS di Microsoft Windows NT4, 2000 dan XP dan mendukung tempat penyimpanan internal dengan interface IDE, SATA, dan SCSI, kemudian juga eksternal seperti USB, Firewire dan lain-lain. Ini fitur-fitur dasar yang dimiliki oleh semua versi dari XXClone: 1. Membuat kloning dari sistem volume yang self-bootable 2. Membuat backup penuh dari non sistem volume 3. Restore/ memperbaiki kemampuan boot dari sistem operasi 4. Membuat QDB (Quick Boot Diskette) 5. Membuat batch file untuk mengulang operasi 6. Dapat menampilkan wallpaper alternatif sebagai pembeda 7. Dapat diatur supaya otomatis melakukan shutdown setelah suatu tugas selesai dilaksanakan 8. Dapat diatur pemakaian dari CPU dalam melakukan tugas tertentu 9. Dapat menyimpan log dan file debug 10. Dapat menambah sebuah pilihan di menu boot sebagai percobaan 11. Dapat menduplikasi Volume ID 12. Dapat dijalankan melalui command line (file batch) 13. Dapat berjalan dalam mode minimized/ hidden 14.

Menyediakan tombol yang terliaht jelas untuk alat DiskMgmt Dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya, XXClone sangat mudah digunakan dan cocok bagi pemula maupun yang sudah ahli. Sedangkan kebanyakan aplikasi sejenis hanya menyediakan tampilan DOS. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar, jika Anda menggunakan versi gratis maka akan terlihat beberapa pilihan pengaturan backup tidak aktif (tulisannya berwarna abu-abu). Intinya di versi gratis ini Anda tidak bisa melakukan backup secara berkala. Setiap kali Anda melakukan backup sistem operasi, maka akan dibuat backup baru secara penuh dan tidak menimpa file backup sebelumnya. Segala resiko yang timbul akibat percobaan adalah kesalahan anda sendiri dan di luar tanggung jawab kami. Jadi berhati-hatilah serta baca dengan seksama. Terimakasih