Amankan Data di Ponsel dengan WaveSecure


Memperkuat layanan nilai tambahnya, PT Telkomsel baru-baru ini memperkenalkan layanan perlindungan data penggunanya. Dengan layanan bertajuk WaveSecure, pelanggan Telkomsel dapat terjamin keamanan daftar kontak, daftar panggilan, SMS, hingga kalender.

"Telkomsel WaveSecure dihadirkan untuk mengatasi masalah hilangnya data penting akibat ganti perangkat atau hilang," kata General Manager VAS & Device Customization Telkomsel, Jajang Munajat, melalui keterangannya di Jakarta, Jumat 17 September 2010.

Layanan perlindungan data ini dapat digunakan oleh seluruh pelanggan Telkomsel, mulai dari kartuHALO, simPATI, hingga Kartu As. Pelanggan cukup mengakses *999# melalui menu browser. Untuk menggunakan layanan ini, pelanggan terlebih dahulu melakukan registrasi dengan menekan *989*2#.

Setelah aplikasi tersebut terinstal, pelanggan kemudian diperbolehkan mengatur PIN (6 digit) dan nomor ponsel teman. Proses aktivasi akan dilakukan dan pelanggan akan dikenakan biaya Rp5.000 untuk ponsel dengan sistem operasi Java atau Rp10.000 untuk ponsel berbasis Android, BlackBerry, Symbian S60, dan Windows Mobile.

"Cukup dengan registrasi, pelanggan dapat sekaligus membawa data ponsel, tanpa khawatir kehilangan daftar kontak, daftar panggilan, SMS, atau tanggal-tanggal penting di kalender," ujar Jajang.

Dengan layanan ini, jika ponsel hilang, pelanggan dapat melakukan penguncian pada ponselnya. Selain itu, jika pencuri mengganti SIM, pelanggan dapat mengetahui nomor kartu yang terdapat pada ponselnya. Pelanggan juga dapat mengetahui lokasi ponsel setelah dicuri dan menghapus semua data pada ponsel ketika ponsel tersebut dicuri.