Inilah fakta unik tentang Doraemon !!



Siapa sih yang gag kenal sama Doraemon? Tokoh titular robot kucing yangg lucu & menggemaskan ini memang sudah menjadi sebuah sosok “Lintas Generasi.” Coba aja tanya sama Nenek, Ibu, Om, Tante, dll semua pasti tahu & tanggap plus pasang senyum sumringah kalau ditanya atau suruh membahas soal tokoh anime/manga besutan duo Fujiko Fujio ini.

Nah…buat seorang Doramaniac!! Yuk, mari kita tambah pengetahuan kalian mengenai si robot kucing biru ini dgn beberapa fakta-fakta menarik mengenai Doraemon yang udah di kumpulkan dari berbagai sumber…
  • 1. Apa Arti Nama Doraemon?
Nama Doraemon sebenarnya diciptakan dari dua patah kata: Dora & Emon. Dora adalah semacam plesetan dari “Nora” yang berasal dari “Nora-Neko” yakni stray cat. Emon adalah semacam kata tambahan tradisional untuk nama dari manusia atau binatang yang berjenis kelamin laki-laki, misalnya Ishikawa Goemon.
Secara harafiah, nama Doraemon bisa diartikan “Stray male cat” (kucing liar jantan)
Dora sebenarnya bisa juga berarti “gong” (inilah “dora” yg dipakai dalam nama kue dorayaki)… Meski bukan itu “dora” yg dipakai di nama Doraemon… namun ini menjadi semacam plesetan, di mana tubuh Doraemon memang bundar-bundar seperti gong
  • 2. Bagaimana Menuliskan “Doraemon” dalam kanji Jepang?
Nama Doraemon dituliskan sebagai gabungan dari huruf katakana & hiragana. Huruf katakana untuk Dora (ドラ) & huruf hiragana (えもん) untuk Emon, Singkat kata, jadinya ドラえもん
  • 3. Apa kode produksi Doraemon?
Ya! Doraemon memiliki kode produksi ternyata, yakni MS-903. Ini adalah nama asli Doraemon sebagai robot, & dengan nama inilah ia dipanggil oleh sang pemilik pabrik robot di mana ia diproduksi.
Nama ini disebutkan dalam episode ulang tahun Doraemon tahun 2007
  • 4. Kapan Doraemon dilahirkan?
3 September 2112 adalah tanggal di mana Doraemon selesai diproduksi
  • 5. Berapa angka ajaib Doraemon?
1293 ?? Maksud plus artinya blm diketahui…

Doraemon memiliki berat 129,3 kg (285 lbs) & tingginya 129,3 cm (4’3 “). Ia bisa berlari sampai 129,3 km / jam (80,3 mph) ketika ketakutan & melompat 129,3 cm (424,2 kaki) ketika terancam bahaya. Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp. Lingkar pergelangan tangannya 129,3 mm. lingkar kepalanya & lingkar da&ya adalah 129,3 cm. Kakinya berdiameter 129,3 mm. Ia diproduksi pada September 3, 2112 (lagi-lagi 12/9/3), di Pabrik Robot Matsushiba.
Ini gambar-gambar dari data teknis Doraemon dengan angka ajaib 1293 tersebut:
  • 6. Siapa mantan pacar Doraemon di abad 22?

Noramyako.

Ia disebutkan di Bonus Data-Data Doraemon di Tankoubon volume 11. Noramyako memutuskan Doraemon gara-gara Doraemon dirasa terlalu pendek untuknya (setelah kupingnya putus digigit tikus)
  • 7. Apa warna asli doraemon?

Warna cat asli Doraemon adalah kuning. Setelah tahu bahwa telinganya digigit tikus, ia dalam depresi, menyelinap ke atas menara, di mana ia minum ramuan berlabel “kesedihan”. Ketika ia menangis, warna kuningnya luntur & suaranya berubah karena ramuan tersebut.

Menurutku, jangan-jangan pembuat anime Doraemon pandai bahasa Inggris, karena paham istilah bahasa Inggris “In Blue” yg artinya “sedang sedih”
  • 8. Apakah Doraemon adalah robot kucing yang sempurna?
Tidak. Bahkan, sebenarnya Doraemon adalah sub-standard product alias “robot usang” karena banyak onderdilnya yang tidak berfungsi dengan baik. Contohnya, kumis radarnya & bel pemanggil kucingnya.
  • 9. Apakah Doraemon bersekolah? Kalau iya, apa nama sekolahnya?

Ya. Menurut serial spin-off dari Doraemon “The Doraemons”, nama sekolah dari Doraemon sederhana saja, yakni Robot School (ロボット学校, Robotto Gakkō)

  • 10. Bagaimana prestasi Doraemon di sekolahnya?

Doraemon berprestasi buruk di sekolah robot & selama acara presentasi akhir, ia tampil buruk & tidak ada yang mau mempekerjakan dia… (kasihan ya …), sampai bayi Sewaishi (cicitnya Nobita) menekan tombolnya. Orangtuanya sedikit enggan, tapi karena Sewashi menyukainya, mereka menyewa Doraemon, & dia merawatnya sampai Sewaishi sendiri mengirimnya ke masa lalu untuk mengurus Nobita, dan di sinilah petualangan tokoh favorit kita bersama Nobita ini dimulai…

  • 11. Berapa jumlah alat di kantong doraemon sampai saat ini?
Kurang lebih 4500 alat (dōgu) telah dikeluarkan dari kantong doraemon mulai dari episode pertama sampai saat ini, termasuk yang paling populer adalah “Doko Demo Doa” (Pintu Ke mana saja), Take-copter (Baling-baling Bambu), Kuukihou (Meriam Senapan Angin) & Time Machine (Mesin Waktu)
  • 12. Bagaimana cara menyalakan & mematikan Doraemon?
Tombol turn on/off Doraemon adalah sebuah switch berbentuk bola kecil bulat yang menjadi ekornya
  • 13. Tangan Doraemon bulat begitu, kok bisa memegang barang?
Tangan Doraemon memiliki kekuatan adhesive & daya vacum yang luar biasa sehingga benda apa pun dapat menempel di tangannya [dari Doraemon no Himitsu, di Doraemon volume 11] Teknologi yang digunakan pada tangannya ini mirip dengan gaya gravitasi bumi dalam skala mini.
  • 14. Tokoh “Pak Guru” sudah sering muncul di Doraemon, siapa tuh nama aslinya?

Tokoh Pak Guru yang sebenarnya juga sangat mencemaskan Nobita (tapi dasar Si Nobita males-malesan aja ya…) ini memang sebenarnya dari awal tidak mempunyai nama & hanya disebut Sensei (先生) aja. Namun, pada versi yang diputar di Nihon Television, ia diberi nama asli “Ganari” (我成)

  • 15. Masih ingat dengan Paman yang suka memberi angpau tahun baru pada Nobita? Siapa namanya? Apa perkerjaannya?
Namanya adalah Nobirou Nobi, adik dari ayah Nobita yakni Nobisuke. Ia adalah seorang atlet yang sukses
  • 16. Siapa nama orangtua Nobita dalam versi Amerika?
Ayah : Marvim Nobi & Ibu: Rukia Nobi
  • 17. Kenapa Doraemon dan Dorami dikatakan sebagai kakak & adik?

Ini menjadi misteri yang menarik… mengapa Doraemon dan Dorami disebut sebagai kakak beradik?

Ternyata, karena mereka berdua “dilahirkan” dari satu tangki minyak yang sama… dan “Doraemon” lahir lebih dahulu dari Dorami (2 tahun lebih tua), sehingga ia disebut “kakak”, kemudian Dorami juga disewa oleh keluarga Sewashi setelah Doraemon, sehingga ia disebut “adik.”
  • 18.Siapa yang lebih “hebat”? Dorami atau Doraemon? Apa buktinya?
Menurut data, Dorami lebih hebat dari Doraemon… Dorami mampu menghasilkan energi sebesar 10000 tenaga kuda, silakan bandingkan dengan Doraemon yang hanya bisa mengeluarkan sebesar 129.3 tenaga kuda (angka hokinya Doraemon nih )
Tapi kalau “lebih popular yang mana…?”, aku rasa kalian tahu sendiri lah. . .
  • 19. Kenapa Dorami lebih hebat dari Doraemon, kakaknya?
Ada sesuatu yang lucu mengenai hal ini… di mana ilmuwan yang membuat Doraemon dan Dorami berkata bahwa minyak yang digunakan untuk membuat robot tipe “bersaudara” ini, salah satu lapisan akan menjadi stagnant dan tenggelam ke bawah. Lapisan yang bagian bawah ini akan menghasilkan kualitas robot kucing yang lebih baik.
Fakta ini menjelaskan bahwa kemungkinan besar Dorami menjadi robot yang lebih bagus dari Doraemon karena Dorami diciptakan setelah Doraemon (sekitar 2 tahun kemudian), atau singkatnya… Doraemon dibuat dengan lapisan minyak yang atas dan Dorami dibuat dengan lapisan minyak yang bawah, yang lebih bagus kualitasnya, meski mereka lahir dari 1 tangki minyak
  • 20. Google Jepang Memperingati Hari Lahir Doraemon
Google Jepang ikut merayakan ulang tahun Doraemon yang jatuh pada tanggal 3 September 2009. Doraemon lahir tahun 2112 jadi sebenarnya sekarang Doraemon belum lahir.