Photobucket

Membuat File Image Ghost Windows Xp

Tidak seperti pada Windows Me, 98, atau 95, Windows Xp yang kita install di sebuah harddisk, tidak bisa begitu saja dapat dipakai di lain motherboard yang berbeda. Layar akan blue screen, atau sistem tidak loading sama sekali. Dengan cara sederhana, sebuah harddisk Windows Xp dapat dipakai pada motherboard yang berbeda, bahkan kita dapat membuat file imagenya dengan menggunakan Norton Ghost. Yang pada akhirnya, file image tsb dapat kita pakai, untuk nge-ghost hardisk-hardisk lain pada sebuah PC atau laptop.

Yang penting motherboard yang kita gunakan untuk membuat file ghost tsb sudah mendukung ACPI. Kita bisa lihat pada bios motherboard. Jika ACPI nya disable, kita harus meng-enable kannya dulu sebelum pekerjaan ini dimulai.
* Enable kan ACPI pada bios.
* Instal Windows Xp beserta program-program lain selengkap mungkin dan sesuai kebutuhan.
* Driver tidak apa-apa diinstal juga.
* Buatlah sebagus mungkin Windows Xp nya dan kestabilannya.
* Jangan lupa didefrag untuk lebih merapikan susunan file dalam harddisk.
1. Klik Kanan Icon My Computer pada desktop
2. Klik Properties, hardware, device manager
3. Pada Tab Computer, update driver secara manual, dan ubahlah menjadi Advanced Configuration Power Interface (ACPI) PC.
4. Pada Tab IDE ATA/ATAPI Controller, Update driver secara manual, dan ubahlah menjadi standar semuanya (ke-3 nya)
5. Standard Dual Channel PCI IDE Controller
6. Standard IDE/ESDI Hard Disk Controller
7. Standard IDE/ESDI Hard Disk Controller
8. Restart your computer. Setelah masuk ke windows lagi, rapikan kembali Windows Xp nya. Kemudian Shutdown. Pada posisi seperti ini, harddisk tsb dapat dipakai di semua motherboard yang ber ACPI.
MEMBUAT FILE IMAGE (GHO) NORTON GHOST.
* Disarankan menggunakan Norton Ghost 2007. Hal ini dimaksudkan agar file image yang kita buat, dapat digunakan untuk nge-ghost HDD SATA dan nge-ghost via USB
* Jika HDD SATA yang dighost tsb untuk Laptop, maka disable Fiture SATA (dan / atau yang berkaitan) pada bios laptop tsb. Jika tidak di disable kan, Windows Xp akan berulang kali restart (gagal masuk windows)
* File image yang kita buat ini, tidak support pada mainboard yang tidak ber ACPI
* Kita dapat menggunakan Norton Ghost 2007 pada BootCD Hiren’s. Baik untuk membuat file image nya (gho) maupun untuk nge-ghost hdd lain.
* Untuk dapat menggunakan Norton Ghost, itu mudah saja. Ikuti saja langkah-langkah yang ada.
* File image ini sudah saya test pada motherboard rakitan dan build up, processor intel dan AMD, pada PC maupun laptop.
* Jika kita ingin membuat file image (gho) yang dapat bekerja pada mainboard yang tidak ber ACPI, maka kita harus meng disable kan semua komponen (LPT, USB, Sound, Dll), kecuali IDE, VGA, Keyboard dan mouse. Disable ini kita lakukan sebelum kita memulai pekerjaan instalasi Windows Xp.
* Pada Device Manager, Tab Computer, harus tersetting Standard PC
* Pada Tab IDE ATA/ATAPI Controller, sama seperti yang di atas.
* Dan lakukan Scan for hardware changes. Untuk memasukkan driver NT power management nya. Agar windows dapat power off pada saat shutdown. Jika ini tidak dilakukan , maka pada saat shutdown, maka CPU tidak power off.
Ok Gitu aja, selamat praktek dan sukses.\